Peran Perawat di Masa Pandemi Covid-19 Di RSU Mulia Hati
Home » KESEHATAN » Peran Perawat di Masa Pandemi Covid-19 Di RSU Mulia Hati
Peran Perawat di Masa Pandemi Covid-19 Di RSU Mulia Hati

Bagi pasien-pasien Covid 19 tak pernah terbayangkan dalam benak mereka akan  terdiagnosa Covid 19. Tidak jarang kecemasan dan ketakutan pasti selalu menghantui mereka. Memikirkan bagaimana nasib keluarga, pandangan negatif dari lingkungan tempat tinggal bahkan tempat kerja mereka. Mereka pun harus menjalani isolasi mandiri bahkan bisa sampai harus dirawat di Rumah Sakit karena memiliki keluhan tanda dan gejala yang memerlukan pemantauan ketat oleh tenaga medis.


Pemantauan kesehatan yang dilakukan tenaga medis terhadap pasien Covid 19 dilakukan oleh berbagai Profesional Pemberi Asuhan. Salah satu diantaranya adalah Perawat. Mereka memiliki peran serta masing-masing dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas terhadap pasien Covid 19.


Tenaga Keperawatan merupakan salah satu tenaga Kesehatan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan merupakan tulang punggung di fasilitas pelayanan karena jumlahnya lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan lain. Perawat memiliki peran sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Selain itu, perawat juga berperan sebagai edukator yang bertugas memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien yang menjalani isolasi, keluarga, dan masyarakat umum.


Seluruh perawat pada masa pandemi yang melakukan perawatan pada pasien Covid-19   telah mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga. Perawat telah mengorbankan keselamatan dan menghadapi ancaman tertular virus yang bisa berakhir pada kematian. Sebagai bagian dari garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19, tidak sedikit yang mengalami kelelahan baik secara fisik dan juga secara mental. Tingginya beban kerja dalam menangani kasus Covid-19 serta penggunaan alat pelindung diri (APD) sangat berpengaruh terhadap menurunnya imunitas tubuh, sehingga risiko tertular virus semakin meningkat.


2

Pelayanan kesehatan yang berkualitas tidak hanya dalam aspek keberhasilan pengobatan (Cure) namun juga pada aspek lainnya. Dalam kondisi sakit dan membutuhkan pertolongan medis, mereka berharap tenaga medis khususnya Perawat mampu memiliki rasa peduli (Care) terhadap mereka. Hal ini juga berhubungan dengan sikap kepedulian (Caring) yang diharapkan oleh pasien-pasien Covid 19. Dikarenakan perawatan di ruang isolasi Covid, membuat mereka tidak dapat ditemani oleh pihak keluarga yang biasanya membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan selama proses perawatan. Disinilah pentingnya peran Perawat untuk dapat mengaplikasikan konsep Caring dalam merawat pasien Covid 19. Sehingga mereka dapat tetap merasa aman dan nyaman.


Rumah Sakit Umum Mulia Hati memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggi disertai kejujuran serta profesionalisme dalam menerapkan pengetahuan serta ketrampilan keperawatan sesuai dengan kebutuhan individu, keluarga, dan masyarakat. Perawat senantiasa berperan serta dalam peningkatkan ilmu pengetahuan dan penyesuaian tatalaksana kebutuhan dasar pasien di masa pandemi. Perjuangan petugas kesehatan tidaklah bermakna tanpa didukung peran serta aktif masyarakat dalam mengatasi pandemi ini. Kepedulian dan dukungan masyarakat sangat diperlukan dalam percepatan penanganan Covid-19 yaitu dengan selalu mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah dan edukasi yang dikeluarkan oleh organisasi profesi tenaga kesehatan.